Serunya PKKMB Tahun 2022 di Perguruan Tinggi Bintang Persada

Gambar 1. Mahasiswa baru dalam pembukaan PKKMB 2022

Gambar 1. Mahasiswa baru dalam pembukaan PKKMB 2022

Dua tahun sudah sejak dunia dilanda pandemi, hal yang dilakukan secara tatap muka dilakukan secara daring lewat zoom meeting. Namun tahun ini, untuk pertama kalinya Perguruan Tinggi Bintang Persada resmi mengadakan PKKMB secara luring yang dilaksanakan pada tanggal 20 September di Gedung Kampus 2, Jalan Kebo Iwa no. 9, Mengwi, Badung. Dengan mengusung tema “Cinta Bakti” diharapkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa yang cerdas, adaptif dan berkarakter pancasila.

Gambar 2. Pembukaan acara PKKMB dengan sambutan ketua panitia dan tari cendrawasih

Hari pertama, sebagai pembuka disuguhkan dengan pertunjukan tari Cendrawasih oleh Ana Safiri dan Candra dari UKM Tari Perguruan Tinggi Bintang Persada. Lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh UKM Paduan Suara, sambutan ketua panitia acara yaitu Bapak Gede Trima Yasa dan doa oleh Ibu Rika. Pemaparan materi dilakukan oleh Ibu Ni Luh Gede Mona Monika, S.Pd., M.Sc. tentang “Pengembangan Intelektual Muda.” lalu dilanjutkan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Bapak I made Suwitra, S.K.M., M.Si tentang “Peran dan Tanggung jawab Tenaga Kesehatan.” dan pengenalan civitas akademika oleh Bapak apt Putu Yudha Ugrasena, S.Farm., M. Biomed.

Gambar 3. Pemaparan materi oleh bapak I made Suwitra, S.K.M., M.Si tentang “Peran dan Tanggung jawab Tenaga Kesehatan.” dan penyerahan sertifikat.

Acara PKKMB hari pertama mengundang antusias yang besar dari pihak mahasiswa baru maupun dosen dan panitia acara. “Hari ini lebih antusias, ya. Jadi kalau dua tahun kemarin kita sempat PKKMB secara daring. Sekarang dengan tatap muka kita bisa lebih lihat ekspresi mahasiwanya. Jadi untuk penyampaian materi, harapannya bisa sampai kepada mahasiswa.” Jelas Ni Luh Gede Mona Monika, S.Pd., M.Sc. selaku direktur di Perguruan Tinggi Bintang Persada pada hari pertama PKKMB. Ia juga membeberkan perasaannya secara gamblang terkait pembukaan PKKMB. “Senang dan antusias, meskipun teman-teman yang lain pasti lelah mempersiapkan acara, dari panitia maupun teman-teman BEM semua. Tapi tetap senang.”

Rangkaian acara PKKMB dilanjutkan pada hari Rabu, dengan kembali diberikan materi oleh Ibu Ns. Dwi Fitri Genisiti, S. Kep. tentang “Layanan Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK).” selaku Pembina kemahasiswaan. Lalu dilanjutkan dengan materi tentang “Layanan Bagian Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK)” oleh Ibu Sri Astini, Amd dan dilanjutkan oleh Bapak Dewa Gede Juli Sarjana, Amd. Farm., SE. tentang “Legalitas Tenaga Teknis Kefarmasian.” Serta perkenalan prodi oleh kaprodi dan dosen masing-masing prodi.

Gambar 4. Pemaparan materi BAAK dan penyerahan sertifikat kepada bapak Dewa Gede Juli Sarjana, Amd. Farm., SE.

Di hari terakhir dari rangkaian acara PKKMB diadakan games yang melatih kekompakan tim dan juga membakar semangat para mahasiswa. Walaupun sempat terkendala hujan, namun tidak menyurutkan semangat para mahasiwa baru dalam bermain games dan senam bersama. Selain itu terdapat tujuh perlombaan yang dimainkan oleh para mahasiswa baru serta pertunjukkan yel-yel dari masing-masing tim.

Gambar 5. Potret mahasiswa baru saat mengikuti lomba “Transfer Gelang” dan “Try To Stand with Hands.”

Ide kreatif para panitia dalam menyusun perlombaan yang mengutamakan kekompakan ini rupanya direspon dengan baik oleh mahasiswa baru. Hal ini terbukti dengan semangat masingmasing tim ketika bermain games. Masing-masing tim menunjukkan ambisius dan antusiasme mereka terhadap perlombaan yang ada. Mulai dari permainan pertama yaitu take your flag sampai ke permainan terakhir yaitu try to stand with hands. Semuanya dilakukan dengan sebaikbaiknya oleh masing-masing tim.

Dari semua rangkaian acara, terdapat lima tim pemenang dalam kategori yang berbeda-beda. Kategori yang pertama adalah kategori yel-yel terbaik yang dimenangkan oleh kelompok 1, lalu kategori kedua adalah kelompok terbaik yang dimenangkan oleh kelompok 4. Pada kategori terakhir ini adalah juara umum dari keseluruhan lomba. Terdapat tiga juara umum yaitu juara umum satu yang diraih oleh kelompok 4, juara umum dua oleh kelompok 1 dan juara umum tiga diraih oleh kelompok 3.

Gambar 6. Potret para perwakilan tim pemenang lomba

Di penghujung acara PKKMB ini, banyak tawa dan cerita yang menjadi momen indah dalam memori setiap mahasiwa baru. “Tentunya kami banyak pelajaran dan pengalaman yang tidak bisa kami dapatkan di tempat lain dan momentum yang sudah tercipta disini, perasaan bahagia, senang, gugup, semuanya sudah tercipta disini.” ucap salah satu mahasiswa baru yang maju untuk memberikan kesan dan pesannya selama mengikuti acara PKKMB tahun 2022. “Saya mewakili teman-teman semua mungkin tidak dapat banyak memberikan kata, pastinya kami mengucapkan banyak terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini dan juga pengalaman berharga yang kami dapat dan membekas di hati kami semua.” tambah mahasiswa yang lainnya. Para mahasiwa baru juga mengaku sangat senang dengan rangkaian acara dari PKKMB tahun 2022 yang dilaksanakan selama tiga hari berturu-turut. “Saya merasa sangat senang, saya mempunyai banyak teman dan mendapatkan momen momen tak terlupakan, kelompok yang seru dan kakak panitia yang baik membimbing kita.” Ia juga mengunkapkan satu kata untuk PKKMB cinta bakti. “PKKMB Cinta Bakti, sukses selalu!” ucap Tarissa dalam wawancara di akhir acara PKKMB.

Gambar 7. Foto bersama panitia dan mahasiswa baru

Rangkaian acara ini juga menjadi momen yang tidak terlupakan bagi para panitia maupun dosen. “Seneng banget karena ini pkkmb pertama setelah covid yang diadakan offline, jadi seneng banget. Maba mabanya juga seru, mbanya juga lebih rame dari tahun sebelumnya. Jadi bisa lihat mereka langsung, terus juga panitianya juga keren keren semua.” ucap Dewa Ayu selaku panitia acara PKKMB ini. “Satu kata buat acara ini seru, seru banget!” tutupnya. Adapun harapan dari ketua panitia, Bapak Gede Trima Yasa dalam wawancara singkat terkait PKKMB tahun ini, “Setelah pkkmb online di tahun tahun kemarin karena adanya pandemi. Jadi PKKMB hari ini kita adakan secara luring atau secara langsung. Jadi saya harap selaku ketua panitia, PKKMB ini bisa menjadi lompatan yang besar untuk perguruan tinggi kita dalam membakar kembali semangat mahasiswa untuk berkuliah secara luring. Karena kebiasaan mahasiwa kita sudah nyaman dengan kuliah secara daring. Jadi, dengan adanya PKKMB secara luring ini, saya mahasiwa kembali termotivasi jiwa semangatnya untuk datang ke kampus dan semangat mengikuti perkuliahan.” Ia juga menyampaikan satu kata sebagai penutup untuk mahasiwa baru, “Impresif!” tutupnya mengakhiri wawancara.

Begitulah keseruan rangkaian acara PKKMB tahun ini, semoga para mahasiswa baru menjadi lebih akrab satu sama lain dan bersemangat dalam menjalani perkuliahan di kampus. Sukses selalu, salam mahasiswa!

by Freany Jacob—Citizens Journalistic, UKM Jurnalistik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *