KEGIATAN EVALUASI LAPANGAN APPP-PTS DI KAMPUS BINTANG PERSADA

IMG-20221018-WA0015.jpg

Pada tanggal 18 Oktober 2022 yang lalu, Akademi Kesehatan Bintang Persada mengadakan acara Evaluasi Lapangan kampus dalam rangka penggabungan Akademi Kesehatan Bintang Persada dengan 2 Institusi lain yaitu STIKES Panca Atma Jaya dan STIKES Bali Wisnu Dharma yang seluruhnya berada dibawah naungan Yayaysan Bintang Persada menjadi Institut Teknologi dan Kesehatan Bintang Persada. Kegiatan ini merupakan titik akhir dari serangkaian proses yang dilakukan oleh seluruh civitas akademika, baik mahasiswa, yayasan, dosen, tendik dan staff yang ada.

Proses serta persiapan acara ini sendiri memakan waktu hingga satu tahun, terhitung sejak pertengahan tahun 2021 hingga 18 Oktober lalu.  Adapun kegiatan ini dibagi menjadi beberapa aspek yaitu aspek hukum, keuangan, umum dan prodi yang sudah di lengkapi oleh pihak kampus.

IMG-20221018-WA0016.jpg
kegiatan evaluasi lapangan daring via zoom meeting

“Untuk hari ini kita hanya men-compile seluruh data dan mempersiapkan masing-masing individu, kemudian menyusun argumentasi konfirmasi pertanggungjawaban setiap dokumen.” jelas apt. Putu Yudha Ugrasena, S.Farm., M. Biomed. selaku Ketua Tim APPP-PTS Bintang Persada dalam wawancara dengan tim Jurnalistik (18/10)

Acara ini secara historis merupakan program Akselerasi Program Penggabungan Penyatuan Perguruan Tinggi Swasta (APPPPTS) yang didanai pemerintah untuk merubah perguruan tinggi Akademi Kesehatan Bintang Persada menjadi Institut dengan menambah dua prodi dibidang teknologi. Sebelumnya, Akademi Kesehatan Bintang Persada pernah mengikuti program ini namun gagal ditahap pertama.

Setelah gagal, Akademi Kesehatan Bintang Persada kembali mengajukan dengan persiapan yang lebih matang dari sebelumnya. Sehingga ditahun ini, Akademi Kesehatan Bintang Persada berhasil lolos ke tahap selanjutnya.

Pada Bulan Maret, Akademi Kesehatan Bintang Persada sudah menyusun dokumen tahap kedua, dan pada Bulan Juni, Akademi Kesehatan Bintang Persada dinyatakan menerima dana hibah dan akhirnya dibulan Oktober dilakukan Evaluasi Lapangan secara daring.

IMG-20221018-WA0011.jpg

Selama kegiatan Evaluasi Lapangan daring berlangsung sejak pukul 09.00 WITA sampai 13.00 WITA, seluruh dosen, tim evaluator, pihak kelembagaan, LLDIKTI, pimpinan yayasan, pimpinan PTS, serta calon dosen untuk prodi baru bergabung dalam sebuah room di zoom meeting yang terisi oleh 50 orang.  

Acara pertama dilakukan dengan pembukaan, lalu pembagian tiga aspek utama yaitu aspek umum dengan evaluator Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom  yang membahas tentang dokumen Institusi baru hasil penggabungan dan juga evaluai terkait dokumen pembukaan prodi baru. Lalu ada aspek keuangan dengan evaluator Ibu Prof. DR. Ir. Euphrasia Susy Suhendra, MS. dan Ibu Dr.Lita Tyesta Addy Listya Wardhani, SH.M.Hum. sebagai evaluator di bidang hukum. Para penguji ini nantinya akan meminta konfirmasi atas dokumen yang telah disusun oleh Tim  Akademi Kesehatan Bintang Persada.

Pengecekkan dan juga konfirmasi dokumen dinilai dari legalistas serta sarana. Pada akhirnya tercapai kesimpulan dan juga hasil. Untuk dokumen ataupun sarana yang salah diberi kesempatan untuk diperbaiki secepat mungkin sehingga bulan ini atau bulan depan, Akademi Bintang Persada akan menerima SK perubahan bentuk Perguruan Tinggi menjadi Institut Teknologi dan Kesehatan Bintang Persada.

Wawancara dengan ketua Tim APPP-PTS Bintang Persada

“Harapannya dari Evaluasi Lapangan ini kita bisa segera untuk road to Institut menjadi perguruan tinggi yang lebih tinggi dari sebelumnya serta menambah dua prodi lagi menjadi Institut Teknologi dan Kesehatan Bintang Persada. Tentunya harapan kami, Kami menjadi lebih baik dari segi pengelolaan, mutu, pendidikan, dan sumber daya manusianya. Itu harapan semua.” tutup apt. Putu Yudha Ugrasena, S.Farm., M. Biomed. Di akhir wawancara.  

Freany Jacob, Rhaina Javaningrat—Citizens Journalistic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *